Selamat Datang, Silahkan Mengisi Buku Tamu

Wisata Budaya Surabaya

Potensi Objek Wisata Budaya :

  • Pure Agung Poten

Pura Agung Poten yang berada di tengeh-tengah Lautan pasir ini merupakan salah satu pusat peribadatan umat Hindu Tengger.

  • Gua Widodaren

Gua Widodaren merupakan salah satu tempat penting dalam ritual masyarakat Tengger . Menurut kepercayaan masyarakat Tengger air dari sumber tersebut merupakan air suci yang mutlak diperlukan bagi peribadatan mereka, sebagai contoh adalah upacara pengambilan air suci dari Gua Widodaren (Medhak Tirta) yang dilakukan sebelum Upacara Kasada.

  • Sumur Pitu/Gua Lava

Sumur lava ini berada di tengah Kaldera Tengger tepatnya di laut pasir Blok Kutho, dari kejauhan tampak seperti tumpukan bata bekas kerajaan. Masyarakat setempat menamakan sumur/gua lava ini sebagai Sumur Pitu. Sumur Pitu/Gua Lava ini terbentuk dari proses geo vulkanik yang merupakan proses dari letusan Gunung Bromo.

  • Pura/Padanyangan Rondo Kuning

Pure ini dibangun pada tahun 1996 dan direhabilitasi tahun 2001 oleh Penggelola Pura Mandara Giri Semeru Agung � Senduro bersama-sama dengan umat Hindu di Ranupani. Pure ini merupakan salah satu lokasi rangkaian upacara ritual Hindu di Ranu Pani berbeda dengan rangkaian upacara di Gunung Bromo, namun pada upacara besar (Kasada) salah satu lokasi pengambilan air suci adalah Ranu Pani.

  • Prasasti Ranu Kumbolo

Prasasti ini terletak di tepi danau Ranu Kumbolo. Diduga prasasti ini masih terkait dengan peninggalan Kerajaan Majapahit, yang menceritakan perjalanan Mpu Kameswara untuk mencapai kesucian atau kesempurnaan diri.

  • Prasasti Arcopodo

Arcopodo/Recopodo terletak diantara Kalimati dan Gunung Semeru. Di tempat ini terdapat dua buah arca kembar yang dalam bahasa Jawa dinamakan arco podo/reco podo

0 komentar:

Terimakasih Atas Kunjungan Anda dan Kesediaannya Mengisi Buku Tamu

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP